Papua Cultures

Jenis - jenis fauna di Papua sangatlah menarik dan unik.beberapa diantaranya tidak terdapat di bagian lain wilayah Indonesia. Beberapa satwanya mirip dengan satwa yang ada di Australia antara lain

Kangguru Pohon/Wallaby (Macropus)


 Kanguru ternyata tidak hanya terdapat di Autralia saja. Ternyata di Indonesia yaitu Papua, juga memiliki Kangguru. Kanguru Papua ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan Kanguru Australia. Sayang Kanguru yang terdiri atas Kanguru tanah dan Kanguru pohon ini mulai langka sehingga termasuk binatang (satwa) Indonesia yang dilindungi dari kepunahan.




Tupai Berkantong (Petaurus) 



Tupai berkantung atau Petaurus ini berukuran kecil kira - kira 400 mm dihitung dengan ekornya juga. Mereka meiliki kulit di pergelangan tangan dan kaki sehingga dapat loncat dari pohon ke pohon dengan meloncat. Mereka juga dapat meloncat sampai 100 meter. Tupai berkantong ini juga memiliki mata yang besar dan tajam. Ekor yang tipis dan rata. Hewan ini adalah omnivora, memakan pohon, gum, nektar, serangga, dan madu.


Kuskus (Phalanger)


Hewan marsupial ini hidup di atas pohon. Mereka ini aktif di malam hari. Makanannya adalah bunga, buah-buahan dan daun-dauan. Kuskus jenis abu-abu juga ditemukan di Irian Jaya dan Papua Nugini.



Di Papua terdapat sekitar 650 spesies burung dimana 454 spesies diantaranya merupakan spesies asli Papua. Beberapa jenis burung yang sangat khas adalah

Burung Cenderawasih (Paradise Spoda) 



Ukuran burung cendrawasih mulai dari Cendrawasih Raja pada 50 gram dan 15 cm hingga Cendrawasih Paruh-sabit Hitam pada 110 cm dan Cendrawasih Manukod Jambul-bergulung pada 430 gram. Masyarakat di Papua sering memakai bulu cendrawasih dalam pakaian dan adat mereka, dan beberapa abad yang lalu bulu itu penting untuk dibuat topi wanita di Eropa. Perburuan untuk mendapat bulu dan perusakan habitat menyebabkan penurunan jumlah burung pada beberapa jenis ke tingkat terancam; perusakan habitat karena penebangan hutan sekarang merupakan ancaman utama. Perburuan burung cendrawasih untuk diambil bulunya untuk perdagangan topi marak di akhir abad 19 dan awal abad 20 (Cribb 1997), namun sekarang burung-burung itu dilindungi dan perburuan hanya dibolehkan untuk kebutuhan perayaan dari suku setempat


Mambruk (Gonna Victorial) 


Mambruk Victoria adalah salah satu dari tiga burung dara mahkota dan merupakan spesies terbesar di antara jenis-jenis burung merpati. Burung Mambruk Victoria berukuran besar, dengan panjang mencapai 74cm, dan memiliki bulu berwarna biru keabu-abuan, jambul seperti kipas dengan ujung putih, dada merah marun keunguan, paruh abu-abu, kaki merah kusam, dan garis tebal berwarna abu-abu di sayap dan ujung ekornya. Di sekitar mata terdapat topeng hitam dengan iris mata berwarna merah.

Burung jantan dan betina serupa. Populasi Mambruk Victoria tersebar di hutan dataran rendah, hutan sagu dan hutan rawa di bagian utara pulau Irian, yang juga termasuk pulau Yapen. Pulau Biak dan pulau-pulau kecil disekitarnya.Burung Mambruk Victoria bersarang di atas dahan pohon. Sarangnya terbuat dari ranting-ranting dan dedaunan. Burung betina biasanya menetaskan sebutir telur berwarna putih. Burung ini mencari makan di atas permukaan tanah. Pakan burung Mambruk Victoria terdiri dari aneka biji-bijian dan buah-buahan yang jatuh di tanah. Spesies ini biasanya hidup berpasangan atau dalam kelompok. Mambruk Victoria diburu untuk di ambil daging dan bulunya. Spesies ini sudah jarang ditemui di daerah dekat populasi manusia.

Kasuari (Kasuarius)



Burung ini terdiri dari tiga spesies Kasuari yang berukuran sangat besar dan tidak dapat terbang. Daerah sebaran ketiga spesies ini adalah di hutan tropis dan pegunungan di pulau Irian. Kasuari diperlengkapi tanduk di atas kepalanya, yang membantu burung ini sewaktu berjalan di habitatnya di hutan yang lebat. Selain tanduk dikepalanya, Kasuari mempunyai kaki yang sangat kuat dan berkuku tajam. Burung betina biasanya berukuran lebih besar dan berwarna lebih terang daripada jantan.



http://papua-investment.com/sda.php?view=8
http://en.wikipedia.org/wiki/Phalanger
http://en.wikipedia.org/wiki/Petaurus
http://id.wikipedia.org/wiki/Kangguru_pohon
http://id.wikipedia.org/wiki/Burung_Cenderawasih
http://id.wikipedia.org/wiki/Mambruk_Victoria


0 Responses

Post a Comment